Monday, October 12, 2015

Tutorial Microsoft Office Excel Untuk Pemula Bagian1

Tahap Awal Memulai Ms. Excel

Fungsi Menu Home Dan Cara Menggunakannya bagian 1

Hai sobat semua jumpa lagi bareng MRB17 di indahnyaberbagimrb17@blogspot.com

Pada kesempatan ini saya akan berbagi kepada sobat semua bagaimana memulai menggunakan Microsoft office excel. Adapun tutorial pada sesi ini adalah Mengenal Menu Bar dan Fungsinya, sebagai dasar dari belajar Microsoft Office Excel. Karena sebelum sobat semua menggunakan program Microsoft Office Excel, sobat semua harus mengerti dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Dan saya akan memberikan tutorialnya step by step dan dibuat sesimple mungkin dengan harapan dan tujuan agar sobat semua yang sedang belajar Ms. Excel bisa lebih mudah memahami, mengerti dan bisa langsung mempraktekannya.
Yuk ikutin terus jangan sampai ada yang terlewat……..
Sebelum kita menuju ke materi, sobat semua juga mesti tahu dan mengenal program apa sih Microsoft Office Excel itu. Nah saya akan berikan penjelasannya di bawah ini.

Pengenalan  Microsoft Office Excel

1.       Apa sih Microsoft Office Excel itu?
Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi pengelola data baik itu angka, teks, tanggal dan waktu dalam satu lembar kerja (spreadsheet) dan diaplikasikan dalam bentuk tabel yang fungsinya untuk memudahkan dalam  pengolahan data keuangan, pembukuan, laporan-laporan kerja, inventory, dan lain-lain yang biasanya berhubungan dengan penghitungan atau nilai atau angka.
Misalnya, membuat Laporan Daftar gaji, Laporan Pemasukan dan Pengeluaran, Laporan Keluar masuk barang (gudang), dll.

2.       Apa saja sih yang ada dibagian program Microsoft Office Excel? 




3. Penjelasan bagian-bagian Microsoft Office Excel
  • Menu Bar, daftar menu yang didalamnya berisi sub menu sesuai dengan fungsinya masing-masing
  • Tool Bar, kumpulan icon-icon (simbol) yang fungsinya untuk mempercepat perintah sebagai jalan pintas.
  •  Name Box, keterangan alamat sel (cell)  dimana posisi pointer berada.
  • Baris (row), baris pada lembar kerja (posisi dari kiri ke kanan pada sel)
  • Kolom (column), kolom pada lembar kerja (posisi dari atas ke bawah)
  • Formula bar, tempat untuk mengetik rumus (formula), mengedit baik formula maupun teks.
  • Sel (cell), perpotongan antara baris dan kolom. Misalkan kolom A baris 14, maka hal itu disebut dengan sel A14.
  • Range, area atau beberapa area sel pada lembar kerja yang di blok. (perhatikan pada tanda panah di gambar yang menunjukan range. Pada gambar itu di area yang di blok berarti range B12:F22.
  • Lembar kerja/sheet/worksheet, lembar kerja pada workbook (buku kerja). Lihat pada gambar ada sheet 1, sheet 2, sheet 3.

Itulah sekilas gambaran dan pengetahuan tentang Microsoft Office Excel (Ms. Excel).

Selanjutnya mari kita ke Materi yang akan dibahas dan pelajari mengenai bagaimana mengenal menu home dan fungsinya juga cara menggunakannya.

Nah sobat semua untuk mempermudah sobat semua dalam mempelajari dan mempraktekan, disini saya membuat tutorialnya dalam format video dengan tujuan supaya sobat semua lebih mudah mempelajarinya dan bisa langsung memperaktekannya sambil melihat video tutorialnya. 

Video Tutorial Microsoft Office Excel Untuk Pemula Bagian 1



Selamat mencoba semoga bermanfaat & sucses selalu buat sobat semua.......

Salam sucses  MRB17  indahnyaberbagimrb17@blogspot.com



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.