Tahap Awal Memulai Ms. Excel
Fungsi Menu Home Dan Cara
Menggunakannya bagian 1
Hai sobat semua jumpa lagi bareng MRB17 di indahnyaberbagimrb17@blogspot.com
Pada kesempatan ini saya akan
berbagi kepada sobat semua bagaimana memulai menggunakan Microsoft office
excel. Adapun tutorial pada sesi ini
adalah Mengenal Menu Bar dan Fungsinya, sebagai dasar dari belajar Microsoft
Office Excel. Karena
sebelum sobat semua menggunakan program Microsoft Office Excel, sobat semua
harus mengerti dasar-dasarnya terlebih dahulu.
Dan saya akan memberikan
tutorialnya step by step dan dibuat sesimple mungkin dengan harapan dan tujuan
agar sobat semua yang sedang belajar Ms. Excel bisa lebih mudah memahami,
mengerti dan bisa langsung mempraktekannya.
Yuk ikutin terus jangan sampai
ada yang terlewat……..
Sebelum kita menuju ke materi,
sobat semua juga mesti tahu dan mengenal program apa sih Microsoft Office Excel
itu. Nah saya akan berikan penjelasannya di bawah ini.
Pengenalan Microsoft Office
Excel
1.
Apa sih Microsoft Office Excel itu?
Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi pengelola data baik itu angka,
teks, tanggal dan waktu dalam satu lembar kerja (spreadsheet) dan diaplikasikan
dalam bentuk tabel yang fungsinya untuk memudahkan dalam pengolahan data keuangan, pembukuan,
laporan-laporan kerja, inventory, dan lain-lain yang biasanya berhubungan
dengan penghitungan atau nilai atau angka.
Misalnya,
membuat Laporan Daftar gaji, Laporan Pemasukan dan Pengeluaran, Laporan Keluar
masuk barang (gudang), dll.
2.
Apa saja sih yang ada dibagian program Microsoft Office Excel?
3. Penjelasan bagian-bagian Microsoft Office Excel
- Menu Bar, daftar menu yang didalamnya berisi sub menu sesuai dengan fungsinya masing-masing
- Tool Bar, kumpulan icon-icon (simbol) yang fungsinya untuk mempercepat perintah sebagai jalan pintas.
- Name Box, keterangan alamat sel (cell) dimana posisi pointer berada.
- Baris (row), baris pada lembar kerja (posisi dari kiri ke kanan pada sel)
- Kolom (column), kolom pada lembar kerja (posisi dari atas ke bawah)
- Formula bar, tempat untuk mengetik rumus (formula), mengedit baik formula maupun teks.
- Sel (cell), perpotongan antara baris dan kolom. Misalkan kolom A baris 14, maka hal itu disebut dengan sel A14.
- Range, area atau beberapa area sel pada lembar kerja yang di blok. (perhatikan pada tanda panah di gambar yang menunjukan range. Pada gambar itu di area yang di blok berarti range B12:F22.
- Lembar kerja/sheet/worksheet, lembar kerja pada workbook (buku kerja). Lihat pada gambar ada sheet 1, sheet 2, sheet 3.
Itulah sekilas gambaran dan pengetahuan tentang Microsoft Office Excel (Ms.
Excel).
Selanjutnya mari kita ke Materi yang akan dibahas dan pelajari mengenai
bagaimana mengenal menu home dan fungsinya juga cara menggunakannya.
Nah sobat semua untuk mempermudah sobat semua dalam mempelajari dan
mempraktekan, disini saya membuat tutorialnya dalam format video dengan tujuan
supaya sobat semua lebih mudah mempelajarinya dan bisa langsung
memperaktekannya sambil melihat video tutorialnya.
Video Tutorial Microsoft Office Excel Untuk Pemula Bagian 1
Selamat mencoba semoga bermanfaat & sucses selalu buat sobat
semua.......
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.